Published On: Sat, Sep 7th, 2013

KemenPAN, Pemprov DKI, dan PPATK Buka Lowongan PNS

KONSOLIDASI MAHASISWA NASIONAL INDONESIA (KOMANDO)
Share This
Tags

cpns

Pendaftar CPNS

KOMANDO NEWS – Jakarta – Bagi yang belum mendapatkan kerja, sejumlah kementerian dan lembaga pemerintah membuka lowongan posisi PNS baru di bulan ini. Kesempatan ini tidak boleh disia-siakan.

Dalam situs Sekretariat Kabinet yang dikutip, Sabtu (7/9/2013), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) pada tahun ini membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk 53 orang untuk mengisi formasi pada 43 jabatan, mulai dari operator komputer, analis, sampai auditor. Pendaftaran dimulai 6-20 September 2013.

Dari jumlah itu, ada dua formasi khusus, yakni satu orang untuk putra-putri terbaik Papua dan satu penyandang cacat tuna daksa. Formasi bagi putra-putri Papua untuk mengisi jabatan perencana pada Biro Perencanaan dan Manajemen Kinerja, dengan syarat pendidikan lulusan S1 Akuntansi.

Sedangkan formasi untuk tuna daksa, akan diposisikan sebagai pranata komputer pada Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik. Pelamar diutamakan yang memahami dan menguasai dasar-dasar pemrograman komputer, dengan pendidikan S1 Ilmu Komputer/Sistem Informasi/Manajemen Informatika/Teknik Komputer/Sistem Komputer/Teknik Informatika.

Sekretaris Kementerian PAN-RB Tasdik Kinanto mengungkapkan, persyaratan khusus bagi pelamar antara lain, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) paling kurang 3.00 untuk S2, 2.75 untuk S1 dan DIII. Sedang untuk lulusan SMK, nilai rata-rata pada ijasah paling kurang 7.00. Di samping itu juga mensyaratkan TOEFL.

Tata cara pelamaran dan persyaratan administrasi, serta materi, jadwal tes, dan lain-lain, dapat dilihat pada website resmi Kementerian PAN-RB.

Kemudian ada juga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang membuka pendaftaran alon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Daerah untuk mengisi lowongan formasi CPNS Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2013.

Ketua Tim Pelaksana Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah Tahun 2013 Wiriyatmoko dalam pengumuman 4 September menyebutkan pelamar wajib memiliki alamat email yang aktif, dan harus melakukan registrasi online melalui situs www.rekrutmen.jakarta.go.id.

Lalu, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) juga membuka lowongan untuk lulusan Sarjana Strata 1 (S-1) dan Diploma III (D-III) untuk menjadi CPNS.

Dalam pengumumannya, registrasi dilakukan secara online pada 3-17 September 2013 di http://sscn.bkn.go.id dan selanjutnya ketik PPATK pada kolom instansi yang akan dilamar.

Setelah melakukan registrasi, pelamar wajib mengirimkan dokumen lamaran meliputi: hasil cetak (print out) nomor registrasi online,surat lamaran yang ditandatangani sendiri oleh pelamar, daftar riwayat hidup yang ditandatangani sendiri oleh pelamar, fotokopi ijazah terakhir dan transkrip nilai akademik yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang; pas foto terbaru sebanyak 4 lembar ukuran 3×4 (berwarna) dengan latar belakang biru dan nama pelamar ditulis di belakang pas foto; fotokopi KTP yang masih berlaku, dan foto kopy sertifikat Institutional TOEFL Prediction yang masih berlaku pada tanggal 22 September 2013.

Untuk PPATK, yang dicari lulusan S-1 ekonomi/akuntansi/manajemen/hukum, lalu S-1 Hubungan Internasional, S-1 Administrasi Publik, S-1 Teknik Informatika/Komputer/Telekomunikasi, serta D-III Teknologi Komputer/Teknologi Informatika/Sistem Informasi/Manajemen Informatika/ Keuangan/Administrasi Keuangan/Sekretaris.

Pemerintah memang membuka lowongan CPNS hingga 65.000 orang. Untuk pelamar umum yang terdiri dari 25.000 untuk Instansi Pusat (Kementerian dan Lembaga) dan 40.000 untuk Instansi Daerah (Provinsi, Kota, dan Kabupaten).

Pemerintah juga memberikan Kebijakan Khusus Formasi CPNS 2013 (afirmasi) yakni kepada :

  • 325 formasi untuk disabilitas : 62 untuk Instansi Pusat & 263 Instansi Daerah
  • 140 formasi untuk atlet berprestasi dan pelatih olahraga
  • 100 formasi untuk putra-putri terbaik Papua untuk ditempatkan di sejumlah Kementerian/Lembaga

Berikut daftar instansi yang sudah mulai menjaring lowongan CPNS (sampai 5 September 2013), antara lain:

  • Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan
  • Kementerian Luar Negeri
  • Kementerian Hukum dan HAM
  • Kementerian Keuangan
  • Kementerian Perdagangan
  • Kementerian Pertahanan
  • Kementerian Sosial
  • Badan Informasi dan Geospasial (BIG)
  • Badan Koordinasi Kemanan Laut
  • Badan Narkotika Nasional
  • Badan Pertanahan Nasional
  • Kejaksaan Agung
  • Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
  • Lembaga Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
  • PPATK
  • Sekretariat Komisi Yudisial
  • Sekretariat Mahkamah Konsitusi
KONSOLIDASI MAHASISWA NASIONAL INDONESIA (KOMANDO)

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

30 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>