Published On: Thu, Sep 5th, 2013

Budayakan Kembali Dongeng Tradisional

KONSOLIDASI MAHASISWA NASIONAL INDONESIA (KOMANDO)
Share This
Tags

101 Dongeng Tradisional Indonesia

 

Biasanya hal paling menyenangkan waktu aku kecil sebelum tidur itu mendengarkan dongeng. Berbagai dongeng menarik mampu memberikan banyak manfaat dan inspirasi. Kebiasaan itu melekat sampai sekarang.

Inilah beberapa manfaat positif dari mendongeng. Ketika orang tua membacakan dongeng untuk anak otomatis dapat menimbulkan kedekatan anak dan orang tua, juga mampu mengembangkan kreatifitas, imajinasi anak dan perkembangan otak si anak, juga menanamkan nilai kebaikan dan menumbuhkan rasa empati.

Tanpa disadari dongeng mampu menumbuhkan minat baca sejak dini, dengan dongeng tradisional maka anak bisa belajar tentang berbagai tradisi masyarakat Indonesia. Wah ternyata dongeng memberikan banyak manfaat ya? Dan, dongeng juga merupakan salah satu dampak lahirnya banyak penulis cilik di Indonesia.

Namun, sayangnya saat ini tradisi mendongeng pada anak, semakin lama semakin memudar. Mungkin karena kesibukan orang tua, yang sibuk bekerja bahkan pulang kerumah ketika anak sudah tertidur, juga semakin tingginya teknologi, jadi anak lebih menyukai bermain PS, gadget atau menonton televisi. Lebih betah duduk berlama-lama di depan komputer.

Kebiasaan baik yang jarang lagi dilakukan ini lama kelamaan akan emakin menghilang. Nah, sudah seharusnya pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat ikut melestarikan dongeng tradisional, dengan cara aktif berpartisipasi di dalam kegiatan mendongeng, memberikan fasilitas untuk festival dongeng nusantara, memperbanyak tayangan dongeng tradisional di televisi, mengadakan lomba menulis untuk anak-anak, mendukung adanya perpustakaan di seluruh Indonesia. Agar dongeng tradisional bisa dinikmati secara global.

Indonesia sendiri memiliki keragaman suku, budaya, asal usul yang membuat kekayaan dongeng semakin berlimpah, seperti ada dongeng asal usul daerah, ada dongeng fabel dan yang lainnya. Berbagai dongeng daerah memiliki ciri khas masing-masing. Sebagai orang tua, sebaiknya pilihlah dongeng untuk anak yang memiliki nilai moral yang baik.

Inilah 5 dongeng tradisional dari berbagai daerah.

1. Leungli, dongeng yang terkenal dari Jawa Barat. Bahkan dongeng ini sudah pernah ditayangkan di televisi.

2. Manik Angkeran, dongeng dari Bali.

3. Tampe Ruma Sani, dongeng yang terkenal di daerah Nusa Tenggara Barat

4. Malin Kundang, dongeng yang terkenal dari daerah Sumatera Barat.

5. Ande-ande lumut, dongeng yang terkenal dari daerah Jawa Timur.

Sudah saatnya kita ikut berpartisipasi dalam kampanye mendongeng untuk anak, agar menumbuhkan minat baca.Yuk, cerdaskan anak Indonesia dengan kembali membudayakan dongeng tradisional pada anak. Salah satu cara sederhana mencintai produk dalam negeri dengan kembali mencintai dongeng tradisional.

KONSOLIDASI MAHASISWA NASIONAL INDONESIA (KOMANDO)

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

7 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>